Terlahir dari Keluarga Miskin, Alasan Jokowi Keluarkan KIP Kuliah

Terlahir dari Keluarga Miskin, Alasan Jokowi Keluarkan KIP Kuliah

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo didampingi istrinya, Iriana, melakukan kampanye terbuka di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4/2019).

Pada kampanye ini, ia kembali memperkenalkan program tiga kartu barunya. Ketiga kartu tersebut yakni Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah.

Jokowi mengatakan, kartu yang akan pertama kali dikeluarkan adalah KIP Kuliah, agar generasi Indonesia bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi.

“Ke depan tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah, karena pemerintah sudah mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah. Saat ini yang sudah diberikan untuk SD, SMP, SMA, SMK. Ke depan kami akan keluarkan KIP Kuliah untuk anak Indonesia agar bisa kuliah semuanya,” kata Jokowi seperti dikutip Kompas.com.

Jokowi mengaku terlahir dari keluarga miskin. Oleh karena itu, dia tidak mau ada anak bangsa yang tidak bisa bersekolah hanya karena harus membantu kedua orangtua membiayai kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, kata Jokowi, jika terpilih pada Pilpres 2019, ia juga akan mengeluarkan Kartu Prakerja. Kartu tersebut akan diberikan kepada lulusan SMA, SMK, Akademik, Perguruan tinggi maupun mereka yang keluar dari sebuah perusahaan.

Kartu tersebut digunakan untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan sebelum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Kalau sudah sering ikut pelatihan namun belum juga dapat pekerjaan, melalui kartu ini akan diberikan insentif,” kata Jokowi.

Dan terakhir, Kartu Sembako Murah yang akan diberikan kepada ibu rumah tangga untuk mendapatkan diskon pembelian sembako. Melalui kartu ini, warga akan mendapatkan diskon saat berbelanja. Barang yang didiskon adalah beras, minyak, gula, serta beberapa komuditi lainnya.

“Jadi jangan lupa dukung saya, biar tahun depan kartu ini sudah bisa dibagikan dan dirasakan manfaatnya,” kata Jokowi dalam orasinya. (HER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *